Teori Model Keperawatan

1 Dorothea E Oream

Teori orem tentang perawatan diri. Asuhan keperawatan dilakukan dengan keyakinan bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk merawat diri sendiri sehingga membantu individu memenuhi kebutuhan hidup, memelihara kesehatan dan kesejahteraannya.perawat dibutuhkan ketika sesorang membutuhkan asuhan keperawatan karena ketidakmampuan untuk merawat diri sendiri, menurutnya area kerja perawat adalah membina dan mempertahankan hubungan terapeutik antara perawat dengan pasien, menentukan kapan seseorang  membutuhkan bantuan atau pertolongan,memperhatikan respon klien, memberI pertolongan langsung pada individu dan keluarga serta bekerja sama dengan tenaga kesehatan lain

Kurangnya perawatan diri,yang berati system keperawatan berorientasi pada individu. Individu dianggap sebagai penerima asuhan keperawatan yang utama. Keluarga dipandang sebagai factor syarat dasar bagi anggota keluarga. Atu sebagai konteks utama dimana individu berfungsi. Perawat juga membantu pemberi perawatan yang tidak mandiri  dan dalam melaksanakan tugas ini mereka dianggap sebagai individu daripada keluarga atau subsistem keluarga(orem, 1983)

2 Betty Neuman

Model neuman berfokus pada individu dan responatau reaksi individu terhadap stress  termasuk factor-faktor yang mempengaruhinya dan kemampuan adaptasi pasien. Menurut neuman manusia merupakan system terbuka yang saling berinteraksi dengan lingkungan internal maupun eksternal yang dapat merupakan penyebab stress (stressor). Dalam kehidupan sehari-hari individu selalu berusaha mempertahankan dan memenuhi kebutuhan biologi, psikologi dan social cultural.

Keluarga diuraikan sebagai target yang tepat baik untuk pengkajian dan intervensi primer, sekunder, dan tersier.Proses keperawatan digunakan sebagai penghubung antara teori keluarga dan praktek keperawatan

3 Imogene M king

Kerangka ini dikenal dengan sebagai kerangka  system terbuka. Asumsi yang mendasari kerangka ini adalah: pertama, asuhan keperawatan berfokus pada manusi termasuk berbagai hal yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Kedua, tujuan asuhan keperawatan adalah kesehatan bagi individu, kelompok dan masyarakat. Ketiga, manusia selalu berinteraksi secara konstan terhadap lingkungan.

Dalam kerangka konsep ini terdapat tiga system yang saling berinteraksi dan saling berhubungan erat. Pertama, kepribadian (personal system). Setiap individu mempunyai system kepribadian tertentu. Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh persepsi, konsep diri, pertumbuhan dan perkembangan, gambaran diri, tempat dan waktu. Kedua, system interpersonal. System ini terbentuk karena hasil interaksi manusia. Konsep ini dapat berupa interaksi, komunikasi, perjanjian, kelompokkeagamaan, system pendidikan, system pekerjaan dan kelompik sebaya

King memandang keluarga sebgai system social dan konsep utama dalam modelnya.  Keluarga diperlakukan baik sebagai konteks maupun sebagai klien. King menjelaskan bahwa “ teori pencapain tujuan bermanfaat bagi perawat bila terpanggil untuk membantu keluarga dalam memelihara kesehatan mereka atau mengatasi masalah atau keadaan sakit.

4 Sister Calistra Roy

  • Individu adalah mahluk biopsikososial sebagai satu kesatuan yang utuh. Seseorang diokatakan sehat jika mampu berfungsi untuk memenuhi kebutuhan biologis, psikologis, dan social
  • Setiap orang selalu menggunakan koping, baik yang bersifat positif maupun negative untuk dapat beradaptasi. Kemampuam beradaptasi seseorang dipengaruhi oleh tiga komponen yaitu penyebab utama terjadinya perubahan, kondisi dan situasi yang adas serta keyakinan dan pengalaman dalam beradptasi.
  • Setiap individu berespon terhadap kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan konsep diri yang positif, kemampuan untuk hidup mandiri atau kemandirian serta kebutuhan akan kemampuan melakukan peran dan fungsi secara optimal untuk memelihara integritas diri.
  • Individu selalu berada pada rentang sehat-sakit yang berhubungan erat dengan keefektifan koping yang dilakukan untuk memelihara kemampuan beradaptasi.

Roy menjelaskan bahwa keluarga dan juga individu, kelompok, organisasi social, serta komunitas dapat dijadikan unit analisi dan focus praktik keperawatan. Karena para perawat mengkaji orang sebagai  system yang adaptif, mereka perlu mengkaji keluarga bila keluarga merupakan focus keperawatan. “intervensi keperawatan mempertinggi stimuli untuk meningkatkan adaptasi dari sitem keluarga.

5 Martha E. Roger

  • Manusia adalah kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain
  • Manusia berinteraksi langsung dengan lingkungan disekelilingnya
  • Kehidupan setia manusia adalah sesuatu yang unik. Jalan hidup seseorang berbeda dengan orang lain.
  • Perkembangan  manusia dapat dinilai dari tingkah lakunya.
  • Manusia  diciptakan dengan karakteristik dan keunikan tersendiri. Misalnya dalam hal sifat dan emosi.

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa teori roger berfokus pada manusia sebagai satu kesatuan yang utuh dalam siklus kehidupanya. Menurutnya lingkungan adalah segala hal yang berada diluar diri individu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s