Lautan Coklat Muda

Aku mengumpulkan berbagai warna lautan ataupun sungai. Hitam pekat, kuning keruh, kuning kecoklatan, yang paling indah adalah biru laut selat sunda dan laut mediterania. Lautan berwarna coklat muda, menggenang kali ini. Meninggalkan tanda kuning pada dinding-dinding rumah setelah ia kembali normal.

Kali ini, dia sedang menunjukkan ke abnormalannya. Dia menunjukkan kekuasaannya menyambangi setiap rumah yang daratannya berada satu meter dibawah laut. Menggenangi setiap pojok gang-gang sempit yang dihuni oleh orang-orang kecil. Merasa tidak adil.. akhirnya dia juga menyambangi gedung-gedung serta rumah-rumah mewah yang berdiri.

Menyebarkan berkubik-kubik air tanpa bisa diserap oleh tanah. Karena sang tanah tidak bisa melakukan fungsinya lagi sebagai penyerap air. Dan tuan aspal lah yang menggantikannya. Mereka keras. Tidak seperti tanah, yang gembur dan dapat menyerap setiap ribuan tetes air.

Rumah-rumah akhirnya ditinggalkan. Memasrahkan segala harta benda tergenang dalam lautan coklat muda itu. Membiarkan almari-almari mereka lapuk, buku-buku menjadi hancur dan meninggalkan segala alat hiburan di dalamnya.

Lautan coklat muda, perlahan turun dari ketingian yang menyiksa penghuni rumah. Meninggalkan endapan lumpur yang tebal. Kembali, para penghuni rumah disibukkan dengan agenda gotong royong.

Setelah mereka lelah fisik dan psikologis akibat lautan coklat muda yang menggenang, tenaga mereka dikuras kembali. Meski penat menggelayuti, roda kehidupan tetap menati, setiap orang masih mungkin untuk menata hidup kembali.

 

Dedicated for Korban Banjir Jakarta, semoga mereka selalu diberi ketabahan dalam setiap masalah dan menjadi pribadi yang lebih baik setelah musibah ini. Jangan patah semangat ibu kota!

 

Sukabumi, 22 Januari 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s